Perpustakaan UIN Jakarta Gelar Sosialisasi Perpustakaan Dan Pendidikan Pemakai
Perpustakaan UIN Jakarta mengadakan sosialisasi
perpustakaan dan pendidikan pemakai pada Kamis 14 September 2017 di ruang pertemuan
lantai 7 Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan
tersebut dihadiri oleh mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bertujuan
untuk memperkenalkan fasilitas dan layanan perpustakaan. Dalam sambutanya
Amrullah hasbana, MA mengatakan “perlunya sosialisasi dan pendidikan pemakai sebagai
bekal informasi mahasiswa baru dalam menggunakan layanan perpustakaan agar
proses temu kembali informasi menjadi lebih cepat dan tepat”.
Acara berlangsung dengan baik, pada sesi tanya
jawab dan diskusi beberapa peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan
tersebut sampai dengan selesai. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan
yang diselenggarakan perpustakaan untuk mengedukasi mahasiswa baru dalam
menggunakan fasilitas dan layanan perpustakaan.
Secara umum, pendidikan pemakai atau user education di perpustakaan perguruan tinggi didasarkan pada persepsi bahwa sarana dan prasarana serta koleksi di perpustakaan merupakan suatu investasi yang
sangat besar bagi perguruan tinggi. Oleh karena itu perpustakaan harus digunakan
dan dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakainya. Kemudian, karena pemakai perpustakaan sebagian besar adalah mahasiswa yang ditekankan pada
studi mandiri, dengan adanya kegiatan pendidikan pemakai perpustakaan, maka mahasiswa mampu untuk lebih memahami dan menggunakan perpustakaan
dengan berbagai fasilitas dan layanannya secara lebih efektif dan efisien. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, maka merupakan suatu kesempatan bagi pustakawan
untuk meningkatkan diri bukan hanya sebagai petugas yang hanya melayani pemakai perpustakaan saja tetapi ikut serta menyumbangkan pikiran dan keahliannya dalam
meningkatkan kualitas layanan perpustakaan.
Sumber lain: http://repository.uinsu.ac.id/813/1/Pentingnya%20Pendidikan%20Pemakai%20%28User%20Education%29%20di%20Perpustakaan%20Perguruan%20inggi.pdf
No comments: