Pembelajaran 5E Learning Cycle Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA (Article Review from Prima Anugraheni)

Matematika dan IPA
Sumber: Google Images

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu ilmu pengetahuan yang membahas alam dan segala isinya serta fenomena-fenomena yang terjadi di alam ini. IPA adalah tentang bagaimana seorang peserta didik mencari tahu  tentang kejadian yang sedang, telah, dan akan terjadi di alam ini (Tim Pengembang Kurikulum, 2013). Pendidikan IPA ada dengan harapan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pada kenyataannya, IPA masih disajikan sebagai pelajaran yang identik akan rumus, hitung-hitungan dan hafalan. Perpaduan rumus hitungan, dan hafalan tersebut dianggap membuat IPA terkesan sebagai pembelajaran yang sangat rumit, sangat susah, dan tidak menarik. Akhirnya pembelajaran IPA di kelas menjadi pembelajaran yang kaku, menegangkan, menyeramkan,  dan  terkesan  ilmu  IPA itu tidak dapat terjangkau oleh peserta didik dengan kemampuan menengah ke bawah. Beberapa dari peserta didik bahkan menganggap pelajaran IPA itu adalah pelajaran yang tidak penting karena tidak tahu manfaatnya apa untuk kehidupan sehari-hari peserta didik. Hal ini sangat menyedihkan karena pada peserta didik di Indonesia kita ini, khususnya untuk peserta didik yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Nah, maka dari itu, Prima Anugraheni dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan penelitian terhadap kasus di atas, dengan menerapkan model pembelajaran baru supaya peserta didik khususnya yang sedang menempuh pendidikan di bangku SMP dapat meningkat minat belajarnya terhadap IPA. Salah  satu  model  pembelajaran  yang bisa diaplikasikan untuk menarik minat siswa adalah 5E learning cycle. Model pembelajaran 5E learning cycle adalah salah satu model pembelajaran konstruktivisme yang berpusat pada peserta didik  (student  centered) dengan 5 tahapan kegiatan meliputi: pembangkitan minat (engagement), eksplorasi (exploration), penjelasan (explanation), elaborasi (elaboration), dan evaluasi (evaluation). Dalam proses pembelajaran learning cycle peserta didik berperan aktif sehingga pengalaman proses belajar benar-benar diperoleh oleh peserta didik. Fase pertama dalam pembelajaran ini adalah pembangkitan minat sehingga diharapkan minat peserta didik terhadap pembelajaran IPA menjadi meningkat dengan menggunakan model pembelajaran ini, terlebih lagi dibantukan dengan multimedia yang dewasa ini sangatlah dekat dengan kehidupan peserta didik.

Untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut tentang proses dan hasil penerapan 5E learning cycle dalam penelitian ini, Anda bisa mengunjungi http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1722/

Semoga Bermanfaat

No comments: